Senin, 30 Maret 2009

Jangan tertipu dengan Program Acara Reality Show!

reality show PIMP MY RIDE di MTV yg jadi kegemaran banyak anak muda yakni tentang menyulap mobil busuk jadi keren
ini banyak sekali FAKE nya pula meskipun memang benar mereka mereparasi mobil menjadi bagus itu benar.
bahkan para pemainnya sudah membeberkan rahasianya secara terbuka, dan sudah pernah diulas disebuah majalah besar di Indonesia (kalo gak salah majalah HAI edisi 3 tahun lalu)
salah satu kebohongan mereka adalah ketika adegan mengerjakan mobil2 tsb.
sebenarnya yg mengerjakan mobil2 itu adalah para montir yg bener orang bengkel. sementara si aktor2 yg bergaya rapper itu hanya berakting saja. mereka lalu baca skenario saja menjelaskan seakan2 itu ide mereka.
scene adegan meeeting menentukan bagaimana design mobil juga penuh pengadeganan. intinya itu dibuat seperti sebuah sinetron yang diambil satu persatu shot nya.
bahkan banyak adegan salahnya ketika mereka salah ngafalin skenarionya.
dibuat skenarionya si A jago merubah pelg, si B jagonya mendesain interior dan seterusnya.
waktu pengerjaan mobil sendiri sebenarnya lebih lama ketimbang yang disebutkan di acara.
yang kasiannya tidak pernah diperlihatkan para montir yang susah payah ngerjain mobil itu sehingga penonton mengira yg mengerjakan adalah beberapa aktor yg jago nge-rap itu. biasanya yang ditampilkan di tv seakan akan hanya satu atau dua orang pekerja saja yg mengerjakan padahal yang sebenarnya itu mobil dikeroyok rame2 ama para pekerja bengkel asli dan prosesnya lama sekali.

ada lagi yang terungkap, ketika acara 100 secrets of hollywood mewawancarai pemenang acara THE BACHELORETTE yang katanya kini sudah menikah yakni Trista dan ryan yg didapat dari acara tsb dan juga mendapat hadiah sejuta dolar menurut acara tsb.
wartawan menanyakan rahasia dibalik reality show ini.
namun si Trista berkata : sesungguhnya uang untuk menutup mulut kami lebih besar daripada hadiah yang kami dapatkan dalam acara ini. (dia make bahasa kiasan untuk nolak bicara)
nah dari sini aja sudah bisa disimpulkan bahwa ada sebuah rahasia besar dalam dunia reality show ini. yg pasti si cewek tetap gak mau membeberkan rahasia sebenarnya dan apakah beneran mereka mendapatkan hadiah sejuta dollar itu ? sama halnya dgn di SURVIVOR hadiah sejuta dollar tetap dipertanyakan oleh para wartawan apakah hanya bohongan aja ? dan sampe skrg semua pemenangnya gak ada yg mau jawab.

intinya :
baik di indonesia maupun diluar negeri sama sama menggunakan skenario dan pengadeganan dalam reality shownya.. hanya saja yang membedakan adalah :
para aktor luar sana lebih pintar berakting meyakinkan kita bahwa itu bukan akting alias real ketimbang aktor2 kita yang ketahuan banget aktingnya kaku sehingga tidak bisa menciptakan kesan real pada otak penonton
jadi soal nipu penonton, lebih hebat sutradara dan aktor sana!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar