Senin, 23 Maret 2009

kesibukan hari pertama kuliah

ketika berpikir tentang wirausaha apa yang ada di dalam benak kamu?
1. modal yang besar.
2. lokasi usaha yang strategis.
3. peluang untuk maju dengan banyak kompetitor.
4. memerlukan banyak waktu untuk fokus kepada satu tujuan.
5. banyaknya tekanan untuk sukses.

pertama-tama yang harus disadari oleh seorang yang mau memulai wirausaha adalah pemahaman tentang arti wirausaha itu sendiri. menurut saya wirausaha adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan atas dasar keinginan atau minat pribadi / kelompok dengan modal bersama untuk suatu tujuan yang diinginkan.

aksi apa saja yang sudah dilakukan untuk mewujudkan keinginan wirausaha tersebut? saya pribadi saat ini masih menjalankan usaha jual beli pulsa elektrik, dan yang menjalankan adalah istri saya. awalnya untuk memberikan istri sedikit kegiatan selain kerja sebagai perawat. usaha ini tidak berbentuk toko ataupun lapak seperti dipinggir jalan, saya hanya menjalankan usaha ini lewat pertemanan saja, artinya jika ada teman yang butuh pulsa tapi kejauhan untuk beli voucher kenapa nggak beli lewat saya? cash and carry... itu moto yang harus dijunjung tinggi dalam berbisnis. karena banyak kisah teman saya berjualan pulsa menjadi bangkrut dan merugi karena, membolehkan hutang. padahal hal ini-lah yang menghentikan roda perputaran bisnis pulsa, bahkan bisnis berskala besar sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar